makanan bandung

Kuliner Jajanan Khas Bandung Yang Tak Boleh Anda Lewatkan

Kota bandung tak hanya dikenal dengan berbagai tempat wisata nya yang menarik namun juga berbagai jajanan khas nya yang begitu enak dan menggoda. Bila anda sedang berkunjung ke kota Bandung, anda tak bisa melewatkan jajanan kuliner khas Bandung berikut ini.

  1. Surabi

 

Surabi memang dikenal sebagai salah satu jajanan khas bandung yang begitu populer. Jajanan yang dibuat dari bahan dasar tepung ini hampir mirip dengan pancake. Namun yang membedakan adalah pembuatan surabi dilakukan dengan dibakar diatas tungku. Peralatan yang digunakan pun masih sangat sederhana terbuat dari tanah liat yang membuat jajanan ini begitu nikmat dan terasa ciri khas dari rasanya. Bahkan saat ini anda bisa memilih topping pelengkap seperti nangka, meses, pisang, keju, susu, sosis, dan masih banyak lainnya.

 

  1. Cireng

 

Jajanan unik khas Bandung lainnya adalah cireng. Makanan ini memang dikenal sebagai salah satu jajanan khas Bandung. Cireng merupakan singkatan dari aci (bahasa sunda yang berarti kanji) yang digoreng. Jajanan ini populer di daerah Priangan dan dijual dengan berbagai bentuk dan variasi yang menarik. Sebagai bumbu tambahannya, biasanya cireng dikombinasikan dengan saus sambal yang pedas.

 

  1. Seblak

 

Kuliner jajanan Bandung yang perlu anda coba lainnya adalah Seblak. Makanan unik ini terbuat dari bahan dasar kerupuk mentah yang direbus dan diberti tambahan bumbu-bumbu lainnya seperti bawang putih, bawang merah, garam, kencur, serta penyedap rasa. Tak hanya kerupuk, biasanya seblak juga dihidangkan dengan bahan-bahan pelengkap seperti telur, siomay, macaroni, dan masih banyak lainnya. Rasanya yang unik dan gurih membuat seblak menjadi favorit banyak orang.

 

  1. Gehu pedas

 

Sebenarnya gehu merupakan singkatan dari toge-tahu. Namun bukan berarti jajanan ini hanya berisikan tauge saja. Kuliner pedas yang satu ini juga memiliki isian yang bervariasi seperti wortel, kubis, daging cincang dan lainnya. Isian dari tahu ini ditumis dengan cabai dan bumbu-bumbu rempah. Untuk tahunya, dibalut dengan adonan tepung terigu yang membuat jajanan ini memiliki rasa yang enak dan teksturnya yang gurih.

 

  1. Basreng

 

Basreng atau Baso goreng ini memang sudah terkenal sebagai salah satu jajanan kuliner khas bandung. Jajanan ini berbahan dasar daging ikan tenggiri yang dikeringkan dan kemudian digoreng serta dibumbui. Biasanya jajanan basreng ini terdiri dari dua varian yaitu basreng pedas dan basreng gurih.

 

  1. Colenak

 

Dapat dikatakan bahwa jajanan kuliner Bandung yang satu ini cukup legendaris, hal ini karena jajanan ini sudah diperkenalkan sejak tahun 1930. Colenak merupakan singkatan dari “cocol-enak” berbahan dasar tape yang dibakar dan dikombinasikan dengan gula merah serta serutan kelapa. Saat ini colenak sudah memiliki variasi rasa yang beragam seperti duren dan nangka.

 

  1. Cimol

 

Cimol atau singkatan dari “aci digemol” ini memang terbuat dari bahan tepung kanji yang dibentuk bulat-bulat dan digoreng kering. Biasanya cimol ini dikombinasikan dengan bubuk pedas, keju, manis, dan lainnya tergantung dari penjuaklnya. Cimol sangat enak bila dikonsumsi selagi hangat. Bila sudah mendingin, cimol akan memiliki tekstur yang sedikit alot.

Nah itu tadi beberapa jajanan kuliner khas Bandung yang perlu anda coba ketika berkunjung ke kota Kembang ini. Bahkan beberapa diantaranya bisa anda jadikan sebagai ole-oleh khas Bandung. Semoga informasi diatas bermanfaat untuk anda.

makanan khas bandung

 

Baca Juga : (Rujak Cingur Iboe Erna, rujak cingur surabaya yang enak dan sehat)

0 replies

Leave a Reply

Want to join the discussion?
Feel free to contribute!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *